Pages

Selasa, 24 Desember 2013

# P3K PERTOLONGAN PERTAMA PENGHAPUSAN KENANGAN

Loe pasti tau kan (sambil monyongin bibir) Abg jaman sekarang kalo awal pacaran sukanya sayang-sayangan, pacaran kelamaan ujungnya marah-marahan dan akhirnya putus. Apalagi kalo putusnya tanpa sebab itu nyesekin bingit. Cara yang paling tepat buat nanganin masalah tersebut adalah ‘MOVE ON’ gue gak tau kenapa kata itu bisa jadi tranning topic di twitter.

            Sebenarnya gue gak begitu ngerti apa makna dari  move on. dari hasil browsing
mbah google pengertian move on secara garis besar adalah melupakan masa lalu dan menatap masa depan, padahal yang ngesearch gimana caranya move on, gue yakin seyakin-yakinya pasti orang tersebut udah putus asa kelamaan jadi jomblo, termasuk gue sendiri.

            Kadang sulit buat gue gimana caranya ngehapus semua kenangan yang pernah gue alami dengan si doi yang sekarang menjadi doinya orang lain. Tapi sebisa mungkin gue harus kuat kuat dan kuat melihat kenyataan yang terjadi. Gue udah coba konsultasi ke beberapa ahli untuk mengatasi masalah yang dulu gue alami. Pertama, gue konsultasi ke mama gue “ma, mama pernah ngerasain jatuh cinta gak” Tanya gue “ya pernah lah, buktinya mama punya suami yang sekarang jadi papa kamu” jawab mama, ‘iya kenapa gue bego banget ya jelas-jelas kalo mama ngak cinta sama papa ngak mungkin gue bisa lahir’ gumam gue.

            “ma akuh,,akuh,akuh (sambil ngeden) patah hati,akuh gak kuat mahhh,,, gak kuat ngejalanin ini semua, aku harus gimana, apa yang harus aku lakukan, gimana ma,, gimana,,gimana”?? Tanya gue, dengan simple mama gue Cuma jawab “nak kamu sabar yah, setelah itu kamu minum Milkuat plus makan biskuat biar kamu kuat” jawab mama “apa, aku ciyusss ma,ciyuss” pinta gue “mama seribu ciyuuuusss dari kamu” jawab mama, ngak banyak orang tau mama gue orangnya emang gaul abis dia selalu update informasi-informasi tajam dan tepercaya apa yang sedang in, ‘maksudnya ngegosip  bareng ibu-ibu komplek sambil nyari kutu rambut di gazebo depan komplek’

            Halahh jadi ngelantur gini,, akhirnya gue mutusin untuk curhat masalah ini ke psikiater (ahli kejiwaan) “pak wir*sensor, saya punya masalah mbah, ehh maksud saya pak” tanya gue “masalah apa” tanya sang psikiater “kenapa ya saya ngak bisa mgelupain kenangan bersama orang yang saya sayangi” jawab gue “apa yang saya harus lakukan mbah, ehh maksud saya pak” tanya gue “begini (sambil megang dagu), kamu harus bisa terima bahwa dia bukan yang terbaik buat kamu, dan kamu harus terima kenyataan ini” jawabnya “iya pak ,,tapi,,tapi,,tapi” timpa gue “sudahlah sekarang kamu harus percaya bahwa tuhan pasti memberikan yang terbaik buat kamu”

            “mungkin tuhan tidak merestui kamu bersama dia jadi kamu harus bisa melupakannya” jawabnya “gimana caranya pak” tanya gue “ohh masalah itu gampang kok (sambil mengigit-gigit tutup pulpen), kamu,,kamu harrrr” terhenti “kennapa,kenapaa,pak” tanya gue “harrkk (tiba-tiba sang psikiater pingsan karena keselek tutup pulpen) “apa yang gue harus lakukan,” gumam gue dalam kebingungan , akhirnya gue meninggalkan sang psikiater tersebut yang sedang tergeletak bersimbah iler dilantai layaknya seperti seekor kucing yang mengalami masa-masa sekarat.

            Ditengah kebimbangan, akhirnya gue pergi ke suatu tempat yang rindang untuk menenangkan diri (dibawah tumpukan sampah) ‘banyak orang yang ngak tau profesi gue sebenarnya, selain gue sebagai mahasiswa, penulis, selain itu gue juga sebagai pemulung.
Disana gue merenung gimana cara mengatasi masalah yang sedang gue alami, suddenly gak tau kenapa otak gue berpikir cermelang “aha (muncul lampu), aku dapat ide,”gumam gue “cinta itu datangnya dari hati, apabila gue jatuh cinta dan orang tersebut udah gak cinta lagi sama gue kenapa harus gue pertahanin, dan kenapa gue harus mengingat kenangan yang bikin gue malah tambah sakit hati,” gumam gue. dari kutipan kisah gue tadi gue menarik tali kolor, eh maksudnya menarik kesimpulan bahwa:

  1. sebuah kenangan itu ngak harus diinget jikalau itu menyakitkan buat diri kita dan membuat kita jatuh dalam keterpurukan “jadi melupakan adalah solusi yang terbaik”.
  2. cari kesibukan yang bisa mengalihkan perhatian kita untuk tidak mengingat-ngingat semua tentang dia
  3. kubur semua hal yang berkaitan tentang dia misal; foto, surat cinta, surat utang, barang-barang kenangan loe sama dia, kalo itu masih kurang untuk melupakan dia kubur dia hidup-hidup (gue gak nyaranin sih buat yang ini)
  4. luangkan waktu bersama keluarga, sahabat, teman untuk mengisi kesepian karena dia udah meninggal, maksudnya meninggalkan kita untuk wanita lain!!!
  5. terakhir, pasrah pada yang maha kuasa

            mungkin jadi jomblo itu gak enak buat sebagian manusia, tapi itu sebuah kenyataan yang bisa dirubah oleh kita sendiri. Sekarang tinggal gimana loe menyikapi masalah tersebut. So, jangan terpuruk dalam kenangan yang bisa bikin kehidupan loe down.
WANTED

CERPEN INI MILIK : ISTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar