Pages

Senin, 08 April 2013

wisata alam kawah ratu





        Kawah Ratu yang terletak di Desa Pasir Reungit merupakan kawasan wisata alam yang memberikan sensasi, tantangan, dan petualangan bagi para pengunjungnya.desa Pasir Reungit berada tepat di kaki Gunung Salak dengan ketinggian sekitar 800-900 mdpl. Untuk mencapai tempat ini tidaklah terlalu sulit, karena dari kota Bogor banyak angkutan kota yang bisa Anda gunakan untuk menuju ke tempat wisata yang berhawa cukup dingin ini.selama berkunjung ke sana, Anda bisa menikmati obyek wisata Kawah Ratu di ketinggian 1.338 mdpl. Obyek wisata ini, memang memiliki keunikan yang menawarkan kesegaran alami ciri khas pegunungan.

             Suhu yang berkisar antara 10-24 derajat celcius selalu membuat udara dingin menjadi bagian tak terpisahkan dari suasana alamnya. Apalagi tempat ini sering kali dijamah hujan di saat sore.kawah Ratu memang memiliki daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung. Daya tarik utamanya, antara lain adalah aktivitas geologinya. Sepanjang hari kepundannya selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfida (H2S) dengan bau menyengat.kadangkala kawah ini mengeluarkan suara gemuruh akibat semburan uap air panas yang membentuk kabut.

            Namun keindahan dasar sungai ini bukan satu-satunya pemikat hati para pengunjung untuk meluangkan waktu mereka demi menikmatinya.pemikat lainnya adalah suhu air yang terasa hangat-hangat kuku. Sehingga sungai ini menjadi pilihan utama bagi para pengunjung untuk berendam. Apalagi air sungai yang mengandung asam sulfida ini diyakini dapat mengobati berbagai macam penyakit kulit.meskipun Kawah Ratu ini masih aktif, tapi tak mengganggu kehidupan vegetasi tanaman di kawasan itu. beberapa jenis tumbuhan ternyata masih dapat hidup, di antaranya adalah tanaman Romogiling (Sceferra actinophylla). Ujung daunnya berbentuk agak bulat. Vegetasi ini merupakan tanaman yang dominan menghiasi kawah.

            Sedangkan beberapa pohon berkayu lainnya tampak mati akibat hangus terbakar oleh aktivitas kawah. Dan sebagai bagian dari kawasan hutan alam Gunung Salak, Kawah Ratu pun tergolong sebagai hutan heterogen. Sehingga kesejukan udara alamnya sangat terasa.untuk menuju Desa Pasir Reungit, dari Kabupaten Bogor, Anda dapat menempuhnya dari Simpang Cibatok. Selanjutnya naik angkutan umum yang siap mengantar sampai ke Pasir Reungit atau Gunung Bunder.sedangkan, jika ingin menuju Cidahu dengan kendaraan umum, berhenti di Simpang Cidahu, dari sana naik angkutan umum sampai terminal dan melanjutkan perjalanan ke Bumi Perkemahan Cangkuang dengan jasa ojek. Gayahidup inilah.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar