Pages

Senin, 08 April 2013

wisata alam gunung rinjani


Gunung Rinjani sebagai salah satu wisata alam yang menyajikan keasrian panorama alam pada Pulau Lombok. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi ke-2 di Indonesia, dengan ketinggiannya mencapai 3.726 mdpl. Sangat banyak wisatawan asing / lokal yang menjadikan Gunung Rinjani sebagai tempat favorit mereka, sebab keasrian pemandangan yang dapat rasakan melalui puncaknya.

            
            Gunung Rinjani yaitu sesi dari tempat Taman Nasional Gunung Rinjani yang menjadi perwakilan untuk tipe ekosistem hutan hujan pegunungan rendah sampai tinggi, serta padang savanna pada Nusa Tenggara. Demi ke menuju Gunung Rinjani anda mampu menyewa mobil melalui pusat kota Mataram ke Desa Sembalun atau Desa Senaru.

            Gunung Rinjani mempunyai pemandangan yang paling bagus seumpamanya dibedakan dengan gunung-gunung yang ada dalam Indonesia. Setiap tahun antara bulan Juni hingga Agustus, Gunung Rinjani selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing / lokal berasal dari bermacam tempat pada Indonesia hingga mancanegara. Rombongan mahasiswa penggemar alam serta sering melakukan tracking sekaligus diklat anggota baru di Gunung Rinjani tersebut.

            Temperatur udara pada Gunung Rinjani rata-rata sampai 20 derajat celcius, dan temperatur yang rendah sampai dua belas derajat celcius. Dalam bulan Agustus sering kejadian angin besar dalam puncaknya, pada akhirnya diharuskan waspada jika melakukan pendakian sekitar bulan itu. Selain puncak Gunung Rinjani yang menyajikan keindahan panorama alam melalui ketinggian, spot lain yang patut didatangi adalah Segara Anak. Sebuah danau yang mengagumkan yang berada pada ketinggian dua.000 mdpl. Jalur pendakian untuk sampai Segara Anak mempunyai dua pintu datang dekat yang dapat dicapai melalui Desa Sembalun Lawang atau Desa Senaru dengan mempunyai ketinggian 1.150 mdpl juga 600 mdpl.

            Segara Anak tersebut sering dimanfaatkan oleh segala pendaki untuk mendirikan tenda juga istirahat sebelum melakukan perjalanan ke puncak Gunung Rinjani. Untuk mencapai puncak Gunung Rinjani mesti berulang mendaki dinding barat Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian sampai 700 meter, lalu dan dengan naik gunung punggungan setinggi 1000 meter. Perjalanan menuju puncak ini diwajibkan berhadapan melalui dua cara, yang menghabiskan keadaan sampai tiga serta empat jam. Untuk tahap semula tracking menuju Plawangan Sembalun, adalah camping ground terakhir sebelum sampai pada puncak. Biasanya semua pendaki melakukan pendakian ter menuju puncak atau sering dimaksud dengan summit attack sejak pukul tiga dini hari demi mengejar kesempatan untuk dapat menikmati kemegahan matahari terbit melalui puncak Gunung Rinjani.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar