Pages

Kamis, 14 Mei 2015

PROPOSAL USAHA KULINER “WAROENG JADOEL 90AN”



PROPOSAL USAHA
“WAROENG JADOEL”
“90AN”











Disusun oleh:
ISTHIQOMAH NURHASANAH
LISA VIRGIYANTI



Table of Content
I.                  Latar belakang ………………………………………………………
1.1 Profil Perusahaan ……………………………………………….
II.               Manfaat usaha ………………………………………………………
2.1   Ekonomis ………………………………………………………..
2.2   Sosial …………………………………………………………….
III.           Rumusan Masalah ………………………………………………….
IV.           Produk ……………………………………………………………….
V.               Analisis SWOT ……………………………………………………...
5.1   Faktor internal …………………………………………………
5.2   Faktor Eksternal ……………………………………………….
VI.           Rencana Usaha ………………………………………………………
VII.        Analisis Pasar ………………………………………………………..
7.1   Target pasar ……………………………………………………..
7.2   Pesaing …………………………………………………………...
7.3   Sasaran pembeli …………………………………………………
VIII.    Strategi Pemasaran ………………………………………………….
IX.           Strategi promosi ……………………………………………………..
X.               Analisis operasional …………………………………………………
10.1       Analisis aspek Finansial ..…………………………………….
10.1.1         Modal ……………………………………………….. 
10.1.2         Karyawan ………………………………………….

10.1.3        Harga produk ……………………………………..
10.2       Analisis Marketing …………………………………………..
10.2.1                       Penjualan …………………………………………..
10.2.2                       Pembagian hasil Kerja …………………………….





i.                   Latar belakang


Kebutuhan masyarakat umumnya yang tinggal diperkotaan sangatlah beragam khususnya dibidang pemenuhan energi bagi tubuh, tempat makan yang kian menjamur di ibukota dengan berbagai konsep dan menu yang beragam ditawarkan kepada pengunjung. Selain itu, dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat kelas bawah, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itulah kami bermaksud untuk membuat makanan yang memiliki rasa yang enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.

Dari uraian diatas maka sangat potensial bila kami mengembangkan usaha “Waroeng Jadoel 90an” ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai masakan yang berbahan dasar dengan kualitas baik dan highgenis, karena rasanya yang enak, gurih, nikmat dan bergizi.

Waroeng jadoel ini gabungan antara dua usaha ayam tobat dan warung 90an, kami bekerjasama untuk mengembangkan restoran dengan konsep yang lebih inovatif. Walaupun banyak resto maupun kedai makanan yang menjual masakan serupa, tetapi perbedaan kedai dan resto yang sudah lebih dulu ada hanya rasa tanpa mementingkan kebersihan dan kenyamanan tempat bagi pengunjung.

Tempat yang nyaman dan dilengkapi dengan pendingin ruangan serta fasilitas WIFI gratis bagi pengunjung adalah kelebihan kami dibandingkan dengan restoran yang sudah ada sebelumnya, harga perporsi menu yang tidak menguras kantong cocok bagi kalangan muda – mudi untuk hangout bersama teman dan keluarga, dengan alasan dan landasan tersebut kami berniat untuk merintis usaha ini, dan usaha kami tersebut kami beri nama atas kesepakatan bersama, yaitu: “WAROENG JADOEL 90AN”. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli masakan yang kami hidangkan dengan perasaan cinta kasih akan kenikmatan rasa makanan yang disuguhkan.

1.1       Profil Perusahaan
Nama Restoran                  : WAROENG JADUL 90AN
Alamat Restoran               : Jl. MH.Thamrin No.1, Grand Indonesia lt. 3  Jakarta Pusat,
Nomor telp                        : (021- 88899910)/ hp 08768910678
Pemilik 1                            : ISTHIQOMAH NURHASANAH
Pemilik 2                            : LISA VIRGIYANTI 




2.1 MANFAAT USAHA

Bisnis usaha dibidang kuliner menawarkan berbagai keuntungan yang menggiurkan bagi pemilik sekaligus bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, selain itu, pemilik usaha dapat mengurangi angka pengangguran yang meningkat akhir-akhir ini, selain manfaat yang disebutkan manfaat ekonomis dan sosial dapat menjadi perhitungan kita saat membangun usaha
  2.1 Manfaat Ekonomis

Usaha ini cukup menjanjikan, karena keuntungan yang didapat cukup besar. Kami menawarkan dan memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan memberikan harga yang murah tapi dengan produk yang tidak murahan dengan kata lain kualitas produk selalu dijaga dan dijamin kesehatannya. Dengan usaha ini diharapkan dapat memberikan keuntungan tidak hanya saya sebagai pemilik tetapi bagi karyawan resto.

2.2 Manfaat Sosial
Bagi masyarakat, dengan adanya restoran ini, dapat menjadi alternative bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka. Selain itu juga secara tidak langsung dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan, karna apabila usaha ini telah berkembang maka membutuhkan tenaga kerja untuk membantu dalam kelancaran usaha.



iv. produk

Produk yang kami tawarkan dalam usaha ini kepada konsumen memiliki berbagai macam varian menu yang dimiliki, seperti :
# Makanan
Paket jumbo ayam tobat 90an (level: 1 – 3)
Soto ayam + kikil + babat + sapi Mualaf
Nasi Sabar (ayam bakar saus barberque)
Nasi Goreng Seafood apaan tuh
Nasi Goreng cabe- cabean tobat
Mie Ayam siratal mustaqiem
Bakso Super WOW
Bakso Seafood tersanjung
Sate Ayam 008
Ikan bakar aneka saus berpacu dalam rasa

# Minuman
Es campur tralatrilili
Aneka jus buah
Ice and hot coffee blend
Ice lemon mint tea
Es buah susu kedelai

# Makanan ringan
Tirramissue chocolate hot hot ah
Tahu kejedot
Otak – otak kebakar
       Fried rice forever

Dengan memiliki berbagai macam varian menu tersebut maka pengunjung dapat memilih menu yang mereka inginkan sesuai dengan keinginan mereka masing-masing. Produk yang kami berikan tidak menggunakan campuran bahan kimia yang berbahaya seperti pormalin, wantek, dll, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh konsumen dan tidak merusak kesehatan.



. ANALISIS SWOT
Adapun analisis SWOT terhadap bisnis ini adalah sebagai berikut: 
5.1  Faktor internal.

·         Strengths (Kekuatan)

• Penyajian ala bintang lima dengan harga terjangkau dan rasa yang enak serta kebersihan serta kualitas produk yang terjaga dengan baik  
• Harga yang cukup murah, sehingga dapat terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
• menu yang kami sajikan ini memiliki rasa yang lebih nikmat dan gurih, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
• Karena menu yang ditawarkan beragam, sehingga konsumen dapat memilih rasa yang sesuai dengan selera mereka masing-masing.
• Perlengkapannya mudah di dapatkan.
·         Weakness (Kelemahan)
Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
• Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.
• Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
            5.2 Faktor Eksternal
·         Strengths (Kekuatan)
·         Melihat banyaknya masyarakat yang menyukai menu masakan yang berbahan dasar ayam, maka ini bisa dijadikan alternative menu yang direkomendasikan untuk dicicipi

·         Karena menu yang ditawarkan ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang muda sampai yang tua, maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan masyarakat.

·         Weakness (Kelemahan)
·         Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.

·         Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika keaadaan cuaca sedang buruk.


·         Faktor kenaikann dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.




Vi. RENcana usaha
Adapun rencana usaha yang akan dijalankan dalam usaha ini ialah sebagai berikut:
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah serta meningkatkan taraf pendapatan pribadi.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang kami rintis ini pastinya akan kami kembangkan demi mewujudkan impian kami bersama, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan belum tentu usaha ini akan bertahan lama. tidak lupa pula kami rajin melakukan promosi usaha kami, baik dari mulut ke mulut, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, kami akan lebih meningkatkan mutu dan kualitas dari usaha kami ini, tidak lupa pula kami membangun relasi bisnis dengan pengusaha ayam agar kami dapat dengan mudah untuk mendapatkan bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan baku selain itu, usaha ini akan dikembangankan tidak hanya di satu tempat tetapi ke berbagai tempat lainnya di daerah Jakarta dan sekitarnya.



vii. ANALISIS PASAR

1.      Target Pasar
Segmentasi pasar sangat berpengaruh terhadap kemajuan ekonomi industri maka dari itu harus di pertimbangkan dan di pikirkan dengan cermat dan waspada karena pasar merupakan salah satu tujuan dari pendistribusian usaha kami, dengan sedikit saja kelalaian dan kecerobohan dapat mengurangi penghasilan perusahaan, dan mengakibatkan banyak dampak negative bagi perkembangan perusahaan tersebut. Maka dari itu kami memilih lokasi yang kami gunakan untuk pemasaran produk kami adalah di mulai dari pusat ibukota Jakarta. Hal utama yang kami perhatikan dan lebih kami utamakan yaitu pelayanan, kekuatan rasa dan kebersihan yang lebih kami utamakan dari kondisi persaingan dalam pemasaran, serta reaksi para pesaing. Selain hal tersebut di atas, dalam menentukan biaya dan laba yang diharapkan, restoran kami mengutamakan kondisi dan orientasi pasar yang setiap waktu bisa berubah sesuai dengan keadaan selain itu, yang menjadi target pasar kami yaitu masyarakat sekitar dan masyarakat pengguna jalan tempat usaha kami berdiri.

2.      Pesaing
Terdapat banyak pesaing dari usaha ini, akan tetapi di sinilah kreatifitas kita bagaimana cara kita menarik konsumen agar dapat membeli produk kita tanpa membuat pesaing kita merasa tidak senang dengan tindakan kita. namun kekeluargaan harus tetap selalu terjaga antara pesaing dan menciptakan persaingan yang sehat tanpa menjatuhkan pesaing. Dengan cara mentaati peraturan dan undang-undang pasar yang telah di tetapkan.

3.      Sasaran Pembeli
Dalam menjalankan usaha ini sasaran pembeli kami yaitu mencakup semua kalangan masyarakat, baik kalangan bawah, kalangan menengah dan kalangan atas. Dari semua kalangan tersebut sebagian besar mampu untuk membeli produk yang kami tawarkan, karna harga yang kami berikanpun cukup terjangkau untuk semua kalangan. Harga yang kami berikan yaitu mulai dari Rp. 20.000. sampai dengan Rp. 200.000.




viii. strategi pemasaran
·         Dengan media Internet
Promosi yang kami lakukan dengan memanfaatkan media internet, seperti dapat melalui facebook, twitter, blog, LINE, dll. karena sebagian besar masyarakat telah menggunakan media internet, sehingga masyarakat dapat mengetahui usaha kita.
·         Dari mulut ke mulut
Promosi ini merupakan promosi yang paling sederhana, serta tidak memerlukan banyak biaya untuk melakukan promosi ini. cukup dengan bercerita dengan teman-teman kita atau keluarga untuk mempromosikan usaha kita, sehingga secara tidak langsung semua konsumen/masyarakat akan mengetahui usaha kita. dan apabila usaha kita sudah diketahui dan disukai, maka konsumen tersebut akan memberitahukan kepada orang lain untuk membeli ayam tobat di restoran ini.




IX. STRATEGI PROMOSI

Untuk menarik minat konsumen agar membeli menu yang ditawarkan kami mempunyai cara-cara tertentu, adapun cara tersebut yaitu:
- Pada hari weekend kami akan memberikan potongan harga kepada konsumen yang membeli semua menu yang kami tawarkan maka akan kami berikan diskon sebesar 5%.
- Apabila pengunjung sudah mengunjungi dan makan di restoran kami lebih dari 3 kali, maka akan kami beri kupon gratis makan untuk satu orang.
- Setiap weekend kami mengadakan tantangan bagi pengunjung yang dapat menghabiskan paket ayam tobat jumbo level 1, akan diberikan kupon 1 kali makan gratis bersama pasangan.


x. analisis operasional
            10.1 Analisis aspek Finansial
1. Modal
a. sumber modal
1. modal sendiri : Rp. 500.000.000.00
2. modal dari investor : Rp. 50.000.000.00
* Modal awal (perlengkapan yang dapat digunakan dalam jangka panjang)
Ruko serta perlengkapan masak : Rp. 200.000.000.00
Meja dan bangku 50 buah : Rp. 35.000.000.00
Alat WIFI 5 buah : 3.000.000.00
AC  5 buah : 10.000.000.00
2. Pegawai
Jumlah Pegawai   : 90 Pegawai
                   -----
Juru masak                    : 30 orang
Buruh cuci            : 20 orang
Pramusaji             : 30 orang
Kasir                    : 6 orang
Penerima Tamu    : 4 orang
3.  Harga Produk

Adapun produk yang kami tawarkan memiliki harga yang bervariasi tergantung dari rasa yang diinginkan oleh konsumen, karna macam-macam dari rasa tersebut tidak sama. Adapun daftar harga yang kami tetapkan adalah sebagai berikut:

# Makanan
Paket jumbo ayam tobat 90an (level: 1 – 3) = Rp. 200.000.
Soto ayam + kikil + babat + sapi Mualaf  (nasi) = Rp. 35.000.
Nasi Sabar (ayam bakar saus barberque) = Rp. 50.000.
Nasi Goreng Seafood apaan tuh = Rp. 50.000
Nasi Goreng cabe- cabean tobat         = Rp. 50.000
Mie Ayam siratal mustaqiem = Rp. 30.000
Bakso Super WOW = Rp. 50.000
Bakso Seafood tersanjung = Rp. 60.000
Sate Ayam 008 = Rp. 30.000/ 15 tusuk
Ikan bakar aneka saus berpacu dalam rasa = Rp. 60.000

# Minuman
Es campur tralatrilili = Rp. 20.000
Aneka jus buah = Rp. 20.000
Ice and hot coffee blend = Rp. 20.000
Ice lemon mint tea = Rp. 20.000
Es buah susu kedelai = Rp. 20.000

# Makanan ringan
Tirramissue chocolate hot hot ah = Rp. 35.000
Tahu kejedot = Rp. 20.000/ 4 buah ( 1 porsi)
Otak – otak kebakar = Rp. 20.000
       Fried rice forever = Rp. 20.000

·         Penjualan
Penjualan dilakukan setiap hari, biasanya dilakukan dari pukul 10.00 – 22.00 tergantung dari bahan baku yang tersedia. Kami juga menerima pesanan dalam jumlah kecil, menengah, dan besar untuk berbagai acara dan kegiatan.

·         Pembagian hasil kerja
Usaha Waroeng Jadoel 90an merupakan usaha bersama yang dirintis yang menggunakan modal awal dengan cara patungan, maka dari itu keuntungan juga kami bagi rata dengan para investor yang berpartisipasi dalam membantu mendanai usaha ini.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar