Pages

Sabtu, 27 September 2014

NEWS (BERITA)

  MENJAMURNYA PEDAGANG HEWAN KURBAN PINGGIR JALAN


Jakarta (09/24/2014) musim haji telah tiba berbagai persiapan menjelang perayaan hari raya idul adha sudah terasa. Sebagian umat muslim di seluruh dunia antusias merayakan hari raya idul adha atau  orang biasa menyebut dengan hari raya kurban, tak terkecuali di Indonesia dan khususnya di Jakarta. Bagi mereka yang mampu secara ekonomi, merayakan hari raya kurban mungkin tak lengkap tanpa membeli sapi atau kambing untuk di kurbankan dan diinfaqkan kepada mereka yang berhak menerimanya.

            Seperti pada musim kurban  tahun ini, para pedagang hewan kurban memenuhi pinggiran jalan untuk menjajakan hewan kurban yang mereka bawa. Salah satunya adalah bapak Sugiono, beliau adalah salah satu pedagang hewan kurban di daerah Cakung, Jakarta timur. tutur beliau sudah hampir 5 tahun beliau berdagang hewan kurban di trotoar jalan ujung menteng, cakung, Jakarta timur, beliau berasal dari daerah bantul Jogjakarta, setiap musim haji atau mendekati hari raya kurban beliau bergegas untuk pindah dengan membawa hewan ternak miliknya untuk dijual di Jakarta, dengan menggunakan truk ukuran sedang beliau dan kelurganya sementara ini pindah ke Jakarta, disana beliau menjual hewan-hewan ternaknya seperti; kambing dan sapi. 

           Beliau juga mengeluhkan sepinya pembeli pada musim kurban saat ini. Sehingga tidak sesuai dengan omset yang di targetkan. Beliau juga menjelaskan alasan beliau mengapa menjajakan hewan kurban miliknya di trotoar jalan umum, kenapa saya berjualan disini supaya keliatan orang dan orang tertarik membeli kambing dan sapi yang saya bawa selain itu biasanya hewan kurban dijual sesuai dengan kualitas hewan, beliau juga menuturkan bahwa harga hewan yang paling murah yang dijual sekitar 2jutaan.ujar Sugiono.

`           Berjualan hewan kurban di trotoar sangat mengganggu kebersihan lingkungan disekitarnya, aroma dari kotoran hewan kurban tersebut mengganggu pengguna jalan yang melintas di jalan tersebut. Banyak warga/pengguna jalan mengeluhkan kondisi ini. akan tetapi mereka memaklumi karena fenomena pedagang hewan kurban ini terjadi setiap setahun sekali dan tidak setiap hari. Ujar  warga. 

Definisi berita
•        Berita adalah sebuah informasi yang penting dan menarik perhatian serta menarik minat khalayak pendengar (Menurut Paul de Massenner). 
•        Berita adalah laporan tentang suatu peristiwa, opini, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus disampaikan secepatnya kepada khalayak (menurut Charnley dan James M. Neal). 
•        Berita adalah laporan tentang fakta atau ide yang termassa, yang dapat menarik perhatian pembaca, karena sesuatu yang luar biasa, penting, mencakup sisi human interestseperti humor, emosi dan ketegangan (Menurut Assegaf, dalam Sumadiria 2005: 64-65).
•      Berita secara umum; Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran,Internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.Laporan berita merupakan tugas profesi wartawan, saat berita dilaporkan oleh wartawan laporan tersebut menjadi fakta / ide terkini yang dipilih secara sengaja oleh redaksi pemberitaan / media untuk disiarkan dengan anggapan bahwa berita yang terpilih dapat menarik khalayak banyak karena mengandung unsur-unsur berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar