Pages

Rabu, 16 April 2014

KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan adalah proses penciptaan sesuatu yang berbeda nilainya dengan menggunakan usaha dan waktu yang diperlukan, memikul resiko finansial, psikologi dan sosial yang menyertainya, serta menerima balas jasa moneter dan kepuasan pribadi. Kewirausahaan (Entrepreneurship) berasal dari bahasa Perancis : yang artinya adalah Perantara sedangkan orang yang merubah nilai sumber daya, tenaga kerja, bahan dan faktor produksi lainnya menjadi lebih besar daripada sebelumnya dan juga orang yang melakukan perubahan, inovasi dan cara-cara baru disebut wirausahawan. selain itu ada tiga jenis perilaku kewirausahaan diantaranya:
  1. Memulai inisiatif
  2. Mengorganisasi dan mereorganisasi mekanisme sosial/ekonomi untuk merubah sumber daya dan situasi dengan cara praktis
  3. Diterimanya resiko dan kegagalan
           
Kewirausahaan Dalam Perspektif Sejarah Muncul pertama kali di Inggris pada akhir abad 18 Diawali dengan penemuan-penemuan baru seperti mesin uap, mesin pemintal dll Tujuan utama mereka adalah pertumbuhan dan perluasan organisasi melalui inovasi dan kreativitas. Jadi keuntungan dan kekayaan bukan tujuan utama. Menurut McClelland ada beberapa karakteristik wirausahawan antara lain:
1.      Keinginan untuk berprestasi
2.      Keinginan untuk bertanggung jawab
3.      Preferensi kepada resiko-resiko menengah
4.      Persepsi kepada kemungkinan berhasil
5.      Rangsangan oleh umpan balik
6.      Aktivitas energik
7.      Orientasi ke masa depan
8.      Keterampilan dalam pengorganisasian
9.      Sikap terhadap uang
Seorang wirausahawan suskes dengan n Ach tinggi dapat terlihat dengan beberapa kriteria diantaranya:
         Kemampuan inovatif
          Toleransi terhadap kemenduaan (ambiguity)
          Keinginan untuk berprestasi
          Kemampuan perencanaan realistis
          Kepemimpinan terorientasi kepada tujuan
          Obyektivitas
          Tanggung jawab pribadi
          Kemampuan beradaptasi
          Kemampuan sebagai pengorganisasi dan administrator


            Selain itu menurut Mc.Clelland Tiga kebutuhan dasar yang mempengaruhi pencapaian tujuan ekonomi diantaranya adalah:
1. Kebutuhan untuk berprestasi (nAch)
         n-ACH adalah motivasi untuk berprestasi , karena itu karyawan akan berusaha mencapai prestasi tertingginya, pencapaian tujuan tersebut bersifat realistis tetapi menantang, dan kemajuan dalam pekerjaan. Karyawan perlu mendapat umpan balik dari lingkungannya sebagai bentuk pengakuan terhadap prestasinya tersebut.

2. kebutuhan untuk berafiliasi (n Afil)
         Kebutuhan untuk Berafiliasi atau Bersahabat (n-AFI) Kebutuhan akan Afiliasi adalah hasrat untuk berhubungan antar pribadi yang ramah dan akrab. Individu merefleksikan keinginan untuk mempunyai hubungan yang erat, kooperatif dan penuh sikap persahabatan dengan pihak lain. Individu yang mempunyai kebutuhan afiliasi yang tinggi umumnya berhasil dalam pekerjaan yang memerlukan interaksi sosial yang tinggi. Mc Clelland mengatakan bahwa kebanyakan orang memiliki kombinasi karakteristik tersebut, akibatnya akan mempengaruhi perilaku karyawan dalam bekerja atau mengelola organisasi.

3. kebutuhan untuk berkuasa (n Pow)
Kebutuhan akan Kekuasaan (n-POW) Kebutuhan akan kekuasaan adalah kebutuhan untuk membuat orang lain berperilaku dalam suatu cara dimana orang-orang itu tanpa dipaksa tidak akan berperilaku demikian atau suatu bentuk ekspresi dari individu untuk mengendalikan dan mempengaruhi orang lain.

            Ada beberapa sumber gagasan dalam identifikasi peluang usaha baru misalnya seperti; kebutuhan akan sumber penemuan, hobi atau kesenangan pribadi, mengamati kecenderungan-kecenderungan,m engamati kekurangan-kekurangan produk dan jasa yang ada, kegunaan lain dari barang-barang biasa, pemanfaat produk dari perusahaan lain. Hal yang tak kalah pentingnya dalam memulai usaha diataranya seorang wirausahawan harus menganalisa pulang pokok (adalah proses menghasilkan informasi yang mengikhtisarkan berbagai tingkat keuntungan dan kerugian yang berkaitan dengan berbagai tingkat produksi) seperti; biaya tetap, biaya variable, biaya total, pendapatan total, keuntungan, kerugian, titik pulang pokok. unsur unsur diatas harus diperhatikan oleh seorang pelaku usaha.

            Kegiatan waralaba (Franchise adalah pemberian sebuah lisensi oleh seseorang (franchisor) kepada pihak lain (franchise).lisensi tersebut memberi hak kepada franchise untuk menggunakan merek dagang franchisor dan seluruh elemen yang diperlukan untuk menjalankan bisnisnya dengan dasar-dasar yang telah ditentukan sebelumnya. jenis- jenis waralaba (franchise) diantaranya;
1. Franchise untuk mendistribusikan hasil produksi
2. Franchise yang menawarkan nama, citra, metode menjalankan usaha, dll
3. Franchise yang menawarkan jasa seperti agen pribadi, konsultasi pajak dan         real estate

      aktifitas total dengan mana penjual mempengaruhi transfer barang dan jasa pada pembeli, mengarahkan usahanya pada pemerhati dengan menggunakan satu media atau lebih untuk tujuan mengumpulkan tanggapan melalui telepon, pos atau kunjungan dari calon pelanggan pengertian dari pemasaran langsung. Dalam melakukan pemasaran secara langsung seorang pelaku usaha dapat menggunakan teknik-teknik artenatif berikut diantaranya:
  1. Periklanan terklasifikasi
  2. Periklanan display
  3. Kiriman pos langsung
  4. Katalog penjualan
  5. Pemasaran tanggapan langsung media

            Selain itu ada dua jenis bentuk kepemilikan perusahaan diantaranya; Pemilikan tunggal / perseorangan (firma) yaitu kepemilikan yang dimiliki dan dijalankan oleh 1 orang selain itu pemilik tidak perlu membagi laba yang kedua kongsi harus ada perjanjian tertulis, dimiliki 2 orang atau lebih, umur perusahaan terbatas, pemilikan bersama atas harta, ikut serta dalam manajemen dan pembagian laba.

            Jika seorang pelaku usaha mengalami kepalitan yaitu dimana sebuah institusi bisnis tidak mampu menutupi kewajiban jangka pendeknya. Ada tiga cara penyelesaian artenatif mengatasi masalah kepalitan diantaranya; likuidasi, reorganisasi, perpanjangan waktu pembayaran.


- - -

                                                                                    AUTHOR ;
                                                                                    ISTHIQOMAH NURHASANAH
                                                                                    2SA04
                                                                                    13612857

Tidak ada komentar:

Posting Komentar